Ekonomi Syariah

Bukti Kestabilan Daya Beli Dinar Terhadap Minyak Mentah

Ketika saya menjelaskan betapa stabilnya daya beli Dinar selama lebih dari 1400 tahun terakhir dengan mengutip hadits Rasulullah SAW – bahwa di zaman Beliau hidup harga 1 ekor kambing 1 Dinar dan sekarangpun dengan uang 1 Dinar kita tetap bisa membeli 1 ekor kambing yang besar, saya dikritik oleh teman-teman ekonom saya bahwa contoh yang saya berikan tidak relevan dengan skala ekonomi zaman sekarang.

Kritikan tersebut mendorong saya melakukan riset kecil-kecilan untuk mencarikan contoh komoditi zaman sekarang dikaitkan dengan daya beli Dinar. Hasilnya adalah grafik terlampir.

Photobucket

Dari grafik tersebut kita bisa belajar bahwa selama enam puluh tahun terakhir sejak berakhirnya perang dunia kedua, harga minyak mentah dunia dalam US$ telah mengalami kenaikan 64.8 kali. Pada saat Perang Dunia II berakhir harga minyak mentah dunia saat tu adalah US$ 1.47 per barrel (1946), dan sekarang pada saat artikel ini saya tulis harga minyak mentah dunia telah mencapai US$ 95.26 per barrel dengan trend naik (lihat garis hijau dan trend hitam).

Pada periode yang sama, harga minyak mentah dunia apabila dibeli dengan Dinar hanya mengalami kenaikan sebesar 2.7 kalinya, dan dengan trend menurun khususnya selama 20 tahun terakhir. Harga minyak mentah dunia dibeli dengan Dinar Islam (emas 22 karat seberat 4.25 gram) pada tahun 1946 harganya 0.34 Dinar, sedangkan harga sekarang dalam Dinar adalah 0.92 Dinar. Harga minyak mentah dunia dalam Dinar tertinggi pernah mencapai 0.99 Dinar yaitu pada tahun 1979 ketika terjadi penyanderaan warga Amerika Terikat di Teheran-Iran.

sumber: http://geraidinar.com/2007/12/bukti-kestabilan-daya-beli-dinar.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: